FAQ CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017

08/09/2017 7:32 pm

 

  1. Bagaimana jika saya salah dalam mengisikan biodata, apakah masih dapat diperbaiki?

Jawab:

Pelamar TIDAK DAPAT memperbaiki data yang sudah di kirim, sehingga pelamar harus BERHATI-HATI dalam mengisi data. Apabila ternyata masih ada data yang perlu diperbaiki setelah dikirim maka data tersebut dapat diperbaiki pada saat setelah lulus ujian dan akan proses pemberkasan untuk penetapan NIP.

  1. Bagaimana jika Kabupaten/Kota tempat saya lahir tidak ada pada pilihan Kabupaten/Kota Tempat Lahir?

Jawab:

Data tempat lahir yang digunakan sampai pada Daerah Tingkat II (Kab/Kota) pada saat pelamar lahir dan bukan data wilayah pemekaran saat ini. Pastikan data tempat lahir yang pelamar ketikkan benar.

  1. Apakah yang harus saya lakukan jika saya gagal mengunggah pas foto?

Jawab:

Pastikan ukuran file yang akan di upload tidak melebihi 500 Kb per file, format file dalam .jpg atau .jpeg, apabila melebihi ukuran tersebut maka dengan otomatis file yang akan pelamar upload atau kirim akan gagal atau ditolak

  1. Saya sudah melakukan proses pengisian biodata tetapi tiba-tiba terjadi trouble sehingga laman tertutup. Apakah data saya tersimpan secara otomatis ataukah saya harus mengisikan dari awal?

Jawab:

Pelamar dapat mengecek terlebih dahulu apakah data pendaftaran telah tersimpan atau belum. Apabila data pendaftaran pelamar belum tersimpan, proses pendaftaran online harus diulangi. Hak pelamar tidak akan hilang selama belum melakukan pendaftaran.

  1. Saya ingin mendaftar untuk jenis formasi cumlaude, ketika saya lulus akreditasi program studi saya A tetapi saat ini program studi tersebut menjadi B. Apakah saya masih bisa mendaftar untuk jenis formasi cumlaude?

Jawab:

Akreditasi yang digunakan sebagai persyaratan seleksi administrasi adalah akreditasi yang berlaku pada tahun ijazah dikeluarkan/tahun lulus.

  1. Apakah saya dapat melamar lebih dari satu jabatan?

Jawab:

Untuk formasi CPNS tahun 2017, setiap pelamar CPNS hanya dapat mendaftar 1 (satu) formasi jabatan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftaran.

  1. Jika saya mengalami kendala saat melakukan login, apa yang harus saya lakukan?

Jawab:

Pastikan pelamar mengisi formulir LOGIN dengan benar dan kode akses yang pelamar ketikkan benar. Jika masih mengalami kendala, pastikan rentang waktu pelamar setelah mengaktifkan akun di portal Nasional adalah LEBIH DARI 1 x 24 jam. Jika masih mengalami kendala, pergunakan fasilitas LUPA PASSWORD pada halaman LOGIN, berikutnya isi formulir yang diminta dan jika data yang pelamar masukkan benar maka Password baru akan dikirim melalui email.

  1. Jika saya sudah pernah mencetak “Lembar Formulir Pendaftaran” dan “Kartu Tanda Peserta Seleksi” apakah saya dapat mencetak ulang?

Jawab:

Pelamar dapat mencetak ulang “Lembar Formulir Pendaftaran” dan “Kartu Tanda Peserta Seleksi” dengan login ke akun CPNS Kemdikbud menggunakan username dan password.

  1. Apakah pelamar dengan jenjang pendidikan S2 dapat mendaftar formasi dengan jenjang pendidikan S1?

Jawab:

Pelamar yang memiliki ijazah S2 dapat mendaftar pada formasi dengan jenjang pendidikan S1 asalkan KUALIFIKASI PENDIDIKAN yang dipersyaratkan sesuai dengan ijazah S1 yang dimiliki oleh pelamar tersebut.

  1. Apakah pelamar yang telah mendaftar di periode 1 (Kemenkumhan dan MA) dapat kembali melamar di periode 2?

Jawab:

Pelamar yang telah mendaftar di periode 1 (Kemenkumhan dan MA) dapat kembali melamar di periode 2 dengan menggunakan akun SSCN yang telah dibuat sebelumnya. Apabila ada pelamar yang lulus sampai dengan pengumuman kelulusan akhir di kedua periode, pelamar harus memilih dan mengundurkan diri dengan membuat surat pernyataan.